Diulek Youtuber Farida Nurhan, Rujak Cingur Rp 60 Ribu Semakin Meledak

Youtuber dengan subscribe 1 juta Farida Burhan (3 dari kiri) saat ikut ngulek petis rujak cingur Mella (2 dari kiri) (screenshot YouTube @faridanurhan)
Youtuber dengan subscribe 1 juta Farida Burhan (3 dari kiri) saat ikut ngulek petis rujak cingur Mella (2 dari kiri) (screenshot YouTube @faridanurhan)

SUMENEPTIMES, MALANG – Beberapa hari lalu, jagad kuliner kembali dihebohkan dengan harga rujak cingur dari Surabaya yang dibanderol Rp 60 ribu per porsi.

Rujak cingur buatan Marmilla atau Mella yang berjualan di pinggir jalan raya Wiguna Timur, Surabaya, sekilas tidak ada yang luar biasa. Tanpa ada tenda, tidak berada di sebuah warung atau toko. Hanya beberapa meja yang dijajar memanjang serta kursi-kursi plastik untuk para pelanggan. 

Tapi, dengan kondisi ala kadarnya itu, rujak cingur ulekan Mella yang dibantu beberapa pekerjanya, malah menjadi viral di media sosial (medsos). Diserbu masyarakat yang rela antre berjam-jam untuk mendapatkan rujak cingur dengan harga Rp 60 ribu.

Bahkan, seorang youtuber dengan subscribe satu juta dari Jakarta, Farida Nurhan yang namanya terus meroket di jagad maya, rela terbang dari Jakarta ke Surabaya untuk melihat dan mereview Mella sang penjual rujak cingur dengan harga Rp 60 ribu per porsi itu di channel-nya.

Lantas apa kata Farida saat mencicipi rujak cingur yang membuat warga rela menunggu sang penjual datang? Untuk menyantap rujak cingur yang merupakan makanan tradisional Jawa dengan harga terbilang mahal dibandingkan lainnya.

"Ini benar-benar rujak. Cingurnya banyak, bumbunya juga nendang banget. Saya penyuka rujak sejak kecil. Ini seperti rujak cingur saat saya kecil dulu. Enak banget," kata Farida yang ikut juga ngulek bumbu rujak cingur dalam videonya.

Youtuber Farida Nurhan saat mencicipi Rujak Cingur 60RB per porsi  (@Farida Nurhan)

Dirinya juga mengulas tentang saus rujak cingur Mella yang aromatik. "Pisang kluthuk, petis, bawang putih dan kacang yang diaduk itu, aromatik banget. Enak banget, ini bukan karena efek kelaparan. Tadi pagi saya sudah sarapan," ucapnya.

Farida yang viral saat mengkritik snack artis ini juga, mengatakan, terkait harga rujak cingur Rp 60 ribu per porsi, baginya tidaklah mahal. "Ini bukan sombong ya. Dengan cingur yang banyak banget dan rujaknya juga harga itu sesuai. Cingur itu mahal dan ini banyak banget cingurnya," ujarnya yang melanjutkan, sisi kekurangan rujak cingur Mella adalah lokasi jualannya.

"Menurut saya tidak layak. Semoga Bu Mella bisa jualan di Jakarta dengan tempat yang layak," imbuhnya sambil sesekali mengibaskan tangannya saat menikmati rujak cingur viral di pinggir jalan dikarenakan gangguan lalat.

Mella telah puluhan tahun jualan rujak cingur, selain menjajakan juga lontong sayur, es garbis dan es manado. Dirinya mengatakan, harga rujak cingurnya yang berbeda dengan lainnya dikarenakan full cingur dan tidak pelit meracik bumbu dan bahan pelengkapnya.

"Saya kalau jualan rujak tidak eman sama bumbu, sama cingur. Tidak eman, banyak," ucapnya sambil mengatakan dengan harga Rp 60 ribu yang dipatoknya, itu masih wajar.

"Kita pakai petis udang dan petis hitam Madura. Cingurnya banyak dan lengkap dengan tahu, tempe, sayur, dan pilihan buah, seperti mangga dan belimbing. Jadi harga itu wajar," lanjut Mella yang bisa menghabiskan 40 sampai 80 kilogram cingur sapi setiap harinya.

Mella juga bercerita, dulu dirinya hanya memberi harga Rp 7.500 terus naik menjadi Rp 15 ribu selama hampir 20 tahun. Setelah itu dirinya menaikkan harga menjadi Rp 30 ribu dan akhirnya mencapai Rp 60 ribu.

Harga yang tentunya akan membuat orang kaget kalau belum melihat dan menikmati langsung rujak cingur Mella. Dirinya juga mengatakan, dengan harga itu tidak takut ditinggal pembeli. "Saya yakin harga menentukan kualitas. Pokok e pasti kaget kalau sudah tahu cingurnya saya," pungkasnya.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sumeneptimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sumeneptimes.com | marketing[at]sumeneptimes.com
Top