Para Pelaku Usaha di Kota Batu Dapat Pelatihan dan Konsultasi Gratis di Mobil Pelayanan

Petugas saat berada di mobil pelayanan di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Senin (24/6/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat berada di mobil pelayanan di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Senin (24/6/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

SUMENEPTIMES, BATU – Kemasan merupakan permasalahan serius bagi pengusahan Unit Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Batu. Karena itu Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu getol memberikan jasa pelatihan untuk pengemasan di Balai Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Senin (24/6/2019).

Apalagi kemasan produk itu merupakan faktor penting agar dilirik oleh konsumen. Pelatihan ini diikuti oleh 50 pengusaha. Mereka diberi pelatihan bagaimana menghitung biaya produk dan kemasan sehingga didapatkan harga jual yang tepat. 

Kabid Perdagangan, Diskumdag Kota Batu Latif Setiawan mengatakan, kebanyakan pelaku usaha ini masih fokus akan produknya, sehingga kurang memperhatikan kemasan pada produk. “Selama ini pelaku usaha ini masih fokus dengan produknya. Sedangkan untuk kemasannya tidak begitu dipikirkan padahal ini penting,” kata Latif.

Ia menambahkan, sehingga penting ada pelatihan ini mampu memahami kemasan terbaik untuk produknya. Karena kemasan baik tidak hanya bisa membantu penjualan, melainkan juga mampu menjaga kualitas produk mereka.

Sementara itu, Suhartini (43) salah satu pelaku usaha menambahkan, dengan pelatihan ini merasa terbantu. Lalu bisa memahami cara membuat kemasan bagus dengan modal yang tidak tinggi. “Penting ya pelatihan seperti ini supaya para pelaku usaha yang tidak mengerti bagaimana membuat kemasan yang bagus jadi paham. Ditambah dengan bugdet seadanya,” ungkap Suhartini.

Dalam kesempatan itu ia juga bisa melakukan konsultasi. “Tadi saya konsultasi ternyata nama produk saya sama dengan produk di daerah lain. Nama yang saya usulkan 'Ubiku'. Karena ada yang sama jadi saya menggantinya jadi 'Ubi Q,” jelasnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sumeneptimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sumeneptimes.com | marketing[at]sumeneptimes.com
Top