Tahun Baru, Harga Bumbu-bumbu Dapur Juga Ikut Baru Lantaran Alami Lonjakan

Salah satu pedagang di Pasar Kasin (Foto: Imarotul Izzah/Malang Times)
Salah satu pedagang di Pasar Kasin (Foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

SUMENEPTIMES, MALANG – Sepertinya masyarakat harus pintar menyiasati pengeluaran untuk bumbu dapur. Sebab, memasuki awal tahun 2019 ini, harga bumbu-bumbu dapur mengalami lonjakan yang cukup signifikan, mulai dari bawang putih, kencur, dan lain-lain.

Salah seorang penjual bawang putih di Pasar Mergan, Wawan, menyatakan bahwa harga bawang putih kini mencapai Rp 50 ribu perkilo. Padahal, harga bawang putih sebelumnya berkisar dengan harga Rp 25 ribu perkilonya. Menurut Wawan, lonjakan harga ini terjadi sejak awal tahun baru 2019.

"Mulai Natal dan tahun baru kemarin itu naik. Harga bawang sebelumnya di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilo," ungkapnya kepada MalangTIMES saat ditemui di Pasar Mergan.

Selain bawang, menurut Wawan yang juga mengalami lonjakan harga adalah wortel. Wortel saat ini dijual di pasar dengan harga sekitar Rp 25 ribu perkilo.

"Sebelumnya harga wortel itu antara Rp 10 ribu per kilo hingga Rp 12 ribu per kilo, dan telur juga naik," ujarnya.

Di lain pasar, yakni Pasar Kasin, lonjakan harga yang cukup tinggi menimpa kencur. Salah seorang pedagang, Wasiah, mengaku harga kencur saat ini mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

"Harga kencur naik, Mbak. Sebelumnya cuma Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu, sekarang menjadi Rp 67 ribu," ungkapnya kepada MalangTIMES.

"Naiknya sebelum tahun baru kemarin," imbuhnya.

Menurut Wasiah, harga kencur tersebut disesuaikan dengan harga yang ditetapkan agen.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sumeneptimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sumeneptimes.com | marketing[at]sumeneptimes.com
Top